Ikuti Twitter Kami :

Makanan Apa Saja Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dikonsumsi Untuk Penderita Asam Urat

TwitterFacebook
Makanan yang mengandung purin
Penyakit asam urat kini bisa menyerang siapa saja, tidak hanya orang tua, tapi juga  menyerang orang usia muda. Hal ini terjadi karena pola makan dan hidup manusia saat ini sudah tidak disiplin, baik dalam hal asupan makanan yang kian beraneka ragam dengan konsekuensi penyakit yang beragam pula, juga menurunnya kedasaran manusia untuk berolah raga.

Penyakit asam urat yang merupakan kelebihan kandungan asam dalam tubuh khususnya pada pembuluh darah, sebenernya dimiliki oleh setiap manusia dan kadar ini mempunyai batasan minimal dam maksimalnya.

Jika seseorang telah memiliki kadar asam urat yang cukup tinggi, maka ia harus melakukan diet terhadap asupan makanan yang dimakannya.  Artinya, untuk penderita asam urat mereka harus memperhatikan makanan yang mengandung zat purin yang boleh dimakan dan yang harus diwaspadai.

Berikut ini kami uraikan beberapa jenis makanan yang dianjurkan dan yang perlu diwasapadai oleh para penderita asam urat.

Yang Boleh Dikonsumsi :
Nasi , Ubi, Singkong, Jagung, Roti, Mie/bihun, Cake/kue kering, Puding, Susu, Keju, Telur, dan beberapa sayuran (kecuali yang ada di kelompok 2) juga buah-buahan.

Yang Boleh Dikonsumsi Namun Tidak Berlebihan :
Daging sapi dan ikan (kecuali yang terdaftar dalam kelompok 3), Ayam, Udang, Tahu, Tempe, Asparagus, Bayam, Daun singkong, Kangkung, Daun dan biji melinjo (termasuk makanan olahannya seperti emping).

Yang tidak Boleh Dikonsumsi:
Otak , Hati, Jantung, Ginjal, Jeroan, Ekstrak Daging/Kaldu, Daging bebek, Ikan sarden, Kornet, Makarel, dan Kerang

Selain hal-hal tersebut, untuk penderita asam urat juga disarankan untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak dari ukuran normal, karena dengan banyak mengkonsumsi air putih yang banyak, maka akan  membantu mengeluarkan asam urat. Sehingga dapat menurunkan kadar asam urat. Untuk buah-buahan yang baik dikonsumsi juga sebaiknya yang banyak mengandung air. Seperti semangka, melon, blewah, nanas, belimbing, dan jambu air.

Dan, untuk penderita asam urat sebaiknya juga selektif dalam memilih minyak goreng, karena selain minyak goreng yang memiliki lemak tinggi, santan, dan margarine. Umumnya akan mengganggu pengeluaran asam urat. Sedangkan untuk buah-buahan yang memiliki lemak tinggi adalah durian dan alpukat.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 
TwitterFacebook
Gentong Mas Call Center

Call center 14047

Tips Hari Ini
Pengaturan minum Gentong Mas dan obat diabetes yang sedang dikonsumsi tidak masalah tanpa jarak waktu sekalipun, namun sebaiknya ada interval waktu 30 menit.
Daftar apotek gentong mas
.